Demografi Kelurahan Basirih 2012

Kayuh_Baimbai_500.png (500×500)
DEMOGRAFI KELURAHAN BASIRIH

A. Keadaan Wilayah, Luas Wilayah dan Perbatasan
 Orbitasi
No
Orbitasi
Wilayah
Jumlah
1.
Bantaran Sungai
1. Jumlah RT
5 RT (7,8,9,10,13)
2. Jumlah KK
50
3. Jumlah Penduduk
270
2.
Rawan Banjir
1. Jumlah RT
-
2. Jumlah KK
-
3. Jumlah Penduduk
-
3.
Bebas Banjir
1. Jumlah RT
-
2. Jumlah KK
-
3. Jumlah Penduduk
-

B. Letak Geografis dan Keadaan Tanah
 Luas Wilayah : 2, 85 Km²
 Pemukiman : 1, 80 Km²
 Pertanian : 0, 15 Km²
 Fasilitas Umum : 0, 34 Km²
 Lain – Lain : 0, 56 Km²

C. Wilayah Perbatasan
· Utara : Kelurahan Telaga Biru dan Kelurahan Mawar
· Timur : Kelurahan Teluk Tiram dan Telawang
· Selatan : Sungai Martapura
· Barat : Sungai Barito, Antasan Bromo

KEPENDUDUKAN KELURAHAN BASIRIH

A. Statistik Penduduk
 Jumlah Penduduk Kelurahan Basirih Tahun 2012 : 25.706 Jiwa
 Terdiri dari :
· Laki – laki : 13.136 Jiwa
· Perempuan : 12.570 Jiwa = 25. 706. Jiwa.
Jumlah Kepala Keluarga (KK) : 6. 803 KK
Rata – rata jiwa/ KK : 4 Jiwa

B. Jumlah RT dan RW Kelurahan Basirih Tahun 2007 - 2012

No
Kelurahan
Tahun 2007
Tahun 2012
Naik/ Turun
Jumlah
RT
Jumlah
RW
Jumlah RT
Jumlah RW
RT
RW

1.

Basirih
46
13
49
3
+3
-10


C. Nama Ketua RT dan RW Kelurahan Basirih Tahun 2012
No
Nama
Jabatan
Alamat
Ket
1.
JUMADI MAULANA
Ketua RW. 01
Jl. Baguntan Raya RT 17

2.
GT. HIDAYATULLAH
Ketua RW. 03
Jl. Komplek Purna Sakti RT 30

3.
MISTARDI
Ketua RW. 03
Jl. Ampera Rt 44


No
Nama
Jabatan
Alamat
Ket
1
Rasito
Ketua RT. 01
Komp. Yuka

2
H. Guntur M
Ketua RT. 03
Komp. Yuka

3
Badarani Noor
Ketua RT. 03
Komp. Yuka

4
Sumardi
Ketua RT. 04
Komp. Yuka

5
Rahmadi
Ketua RT. 05


6
H. Fuad Rahman
Ketua RT. 06


7
Marjuni
Ketua RT. 07


8
Asma Budi
Ketua RT. 08


9
Mahsor
Ketua RT. 09


10
Ramli, HS
Ketua RT. 10


11
Syamsir Alam
Ketua RT. 11


12
Masrani
Ketua RT. 12


13
Masrodah
Ketua RT. 13


14
Mardiani
Ketua RT. 14


15
Supiani
Ketua RT. 15


16
Drs. Suriani
Ketua RT. 16


17
Jumadi Maulana
Ketua RT. 17


18
Djurmani
Ketua RT. 18


19
Imansyah
Ketua RT. 19


20
Bustami Yunior
Ketua RT. 20


21
Zainal Abidin
Ketua RT. 21


22
Suyanto
Ketua RT. 22


23
Kaharjo
Ketua RT. 23


24
Fadli Agus
Ketua RT. 24


25
M. Suriani
Ketua RT. 25


26
Nor Ifansyah
Ketua RT. 26


27
H. Mistar
Ketua RT. 27


28
Irwan Efendi
Ketua RT. 28


29
Ismannurafik
Ketua RT. 29


30
M. Arkadius
Ketua RT. 30


31
Rusdiansyah HA
Ketua RT. 31


32
Imansyah Sani
Ketua RT. 32


33
M. Maulidin
Ketua RT. 33


34
Muhdar. AA
Ketua RT. 34


35
Rujihan
Ketua RT. 35


36
Kusnun Supriadi
Ketua RT. 36


37
Asnain
Ketua RT. 37


38
Anang Hasbullah
Ketua RT. 38


39
Sapuani
Ketua RT. 39


40
Bachtiar
Ketua RT. 40


41
Yuliani
Ketua RT. 41


42
Said
Muhammad
Ketua RT. 42


43
Anang Basri
Ketua RT. 43


44
H. Asmuni
Ketua RT. 44


45
M. Husaini
Ketua RT. 45


46
Nanang Imbran
Ketua RT. 46


47
Junaidi
Ketua RT. 47


48
Abdul Manan
Ketua RT. 48


49
Mulyadi
Ketua RT. 49




Pemerintahan
Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai aparatur pelaksana urusan Pemerintahan di Kelurahan, pihak Kelurahan Basirih berpedoman pada Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 8 Tahun 2000 tanggal 25 April 2000 tentang
Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan hingga Kelurahan.
1. L u r a h : Drs.M.Tasrifin Noor.UB
2. Sekretaris : Zainal Abidin
3. Kepala Seksi Pemerintahan : Noor Baity
4. Kepala Seksi Tramtib : Hesky
5. Kepala Seksi Ekobang : Fadli Aulia, SE
6. Kepala kesejahtraan Sosial : Saudayanti,SE
7. Pranata Komputer : Indra Ariyadi, A. Md
8. Staf Pelaksana : Said Bahrun
9. Staf Pelaksana : Ardiansyah
10. Staf Pelaksana : Fatmawati
11, Staf Pelaksana : Nurul Anisa
12. Kelompok JabFung (PLKB) :

TUJUAN SASARAN DAN KEBIJAKAN

Perumusan Tujuan
1. Meningkatkan kinerja aparatur keluahan dalam upaya menciptakan pemerintahan yang baik (Good Governance )
2. Memantapkan pelaksanaan koodinasi baik dengan Camat maupun instansi vertikal di wilayah keluahan dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi kelurahan
3. Memperbaiki infrastruktur sarana prasarana fisik agar menjalankan tugas dan fungsinya
Perumusan Sasaran
1. Meningkatkan kinerja aparatur Kelurahan
2. Mantapnya pelaksanaan organisasi dengan Camat dan instansi vertikal di wilayah Kelurahan
3. Terlaksananya perbaikan sarana dan prasarana yang berimplikasi pada peningkatan kualitas berbagai kegiatan
4. Terlaksananya Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan
Kebijakan Umum
Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Kelurahan, maka kebijakan umum yang dilakukan adalah meningkatkan kinerja aparatur kelurhan menuju terwujudnya Good Governance dan memperkuat koordinasi baik secara horizontal dan vertical serta bermitra dengan unsur lain terkait terutama dalam rangka pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

D. TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Berdasarkan Peraturan Walikota Banjarmasin, Nomor : 50 Tahun 2008, Tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Kelurahan di Kota Banjarmasin adalah sebagai berikut:
I. Tugas Pokok.
Kelurahan mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Camat sesuai karakterisik wilayah dan kebutuhan daerah serta melaksanakan tugas pemerintah lainnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
II. Fungsi Kelurahan
a. penyelenggaraan dan evaluasi dibidang pemerintahan.
b. Penyelenggaraan dan pembinaan dibidang ketentraman dan ketertiban.
c. Penyelenggaraan, pembinaan, pengembangan dan fasilitas ekonomi dan pembangunan.
d. Penyelenggaraan, pembinaan, fasilitasi kesejahteraan social.
e. Pembinan terhadap rukun tetangga dan rukun warga
f. Melaksanakan uasaha dalam rangka peningkatan partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat
g. Melaksanakan tugas pemerintah kota, pemerintah kecamatan yang didelegasikan wewenangnya kepada lurah.
h. Pengelolaan urusan kesekretariatan.

SEKSI SEKRETARIAT
A. Melaksanakan Urusan Tata Usaha dan Rumah Tangga Kelurahan
B. Melaksanakan tugas Pemerintah Kota Pemerintah Kecamatan yang didelegasikan wewenangnya kepada Lurah.

TUGAS POKOK SEKRETARIAT
Melaksanakan urusan administrasi umum, kepegawaian, keuangan dan memberikan pelayanan teknis administrastif kepada seluruh perangkat kelurahan.

FUNGSI SEKRETARIAT
A. Pelaksanaan urusan surat menyurat, kearsipan dan laporan.
B. Pelaksanaan administrasi keuangan dan kepegawaian.
C. Pelaksanaan urusan perlengkapan dan rumah tangga.
D. Pemberian pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh perangkat kelurahan.

TUGAS POKOK SEKSI PEMERINTAHAN
Mengkoordinasikan penyusunan program dan melaksanakan pembinaan dan pelaporan dibidang urusan pemerintahan.




FUNGSI SEKSI PEMERINTAHAN
A. Pengumpulan, pengolahan data evaluasi data dibidang pemerintahan;
B. Pengumpulan bahan dalam rangka pembinaan wilayah masyarakat;
C. Pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dibidang pemerintahan;
D. Pelaksanaan tugas-tugas pembantu dibidang pemungutan pajak bumi dan bangunan;
E. Pelaksanaan tugas-tugas dibidang administrasi pertanahan sesuai dengan peraturan perundang-undanganyng berlaku;
F. Pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan kerukunan warga.
G. Pelaksanaan pelayanan dan pengolahan administrasi kependudukan dan data-data kependudukan;
H. Mengumpulkan bahan dan menyusun laporan dibidang pemerintahan.

TUGAS POKOK SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM
Mengkoordinasikan penyusunan program dan pembinaan dibidang ketentraman dan ketertiban kelurahan.

FUNGSI SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM

a. Pengumpulan, pengolahan dan evaluasi data dibidang ketentraman dan ketertiban kelurahan
b. Pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat termasuk pembinaan perlindungan masyarakat
c. Pelayanan masyarakat dibidang ketentraman dan ketertiban masyarakat termasuk penanggulangan bencana alam
d. Pelaksanaan kegiatan dalam rangka meningkatkan swadaya masyarakat untuk menciptakan keamanan swakarsa masyarakat.

TUGAS POKOK SEKSI EKONOMI DAN PEMBANGUNAN
Mengkoordinasikan penyusunan program dan melaksanakan pembinaan dan pengembangan di bidang ekonomi dan pembangunan.

FUNGSI SEKSI EKONOMI DAN PEMBANGUNAN
a. Pengumpulan, pengolahan dan evaluasi data dibidang ekonomi dan pembangunan
b. Pelaksanaan kegiatan dalam rangka meningkatkan swadaya dan partisipasi masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian dan pelaksanaan pembangunan.
c. Pembinaan koordinasi pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan prasarana dan sarana fisik asset pemerintah kota di lingkungan kelurahan
d. Pelaksanaan administrasi perekonomian dan pembangunan di kelurahan
e. Pembinaan dan penyiapan bahan-bahan dalam rangka pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan ( musrenbang ) tingkat kelurahan
f. Pengumpulan bahan dan penyusunan laporan di bidang perekonimian dan pembangunan.

TUGAS POKOK SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL
Mengkoordinasikan penyusunan program dan melaksanakan pembinaan dibidang kesejahteraan sosial.


FUNGSI SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL
a. Pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dibidang kesejahteraan sosial termasuk pengentasan kemiskinan
b. Pelaksanaan pembinaan dalam bidang keagamaan, kesehatan keluarga berencana dan pendidikan masyarakat.
c. Pengumpulan dan penyaluran dana / bantuan terhadap korban bencana alam dan bencana lainnya.
d. Pembinaan terhadap kegiatan pkk, karang taruna, pramuka dan organisasi kemasyarakatan lainnya.
e. Pembinaan kegiatan pengumpulan zakat, infak dan shadaqah.
f. Pelaksanaan pengumpulan dan palang merah indonesia (pmi)
g. Pengumpulan bahan dan penyusunan laporan di bidang kesejahteraan

Program Kerja dan Kegiatan Kelurahan BASIIRIH tahun 2010/2011 adalah sebagai berikut :
Program Kerja
Kegiatan
Peningkatan Pendataan Bidang Pemerintahan
Inventarisasi data bidang kependudukan, pertahanan, orsospol, kamtibmas
Menjalin silaturahmi dengan orsospol, ulama dan tokoh masyarakat
Peningkatan Siskamtibmas
Peningkatan Pendapatan Bidang Ekonomi Pembangunan
Inventarisir data perekonomian rakyat
Optimalisasi Pelaksanaan Program PNPM P2KP
Pembinaan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan
Update data kelompok-kelompok KSM Ekonomi
Pembinaan KSM-KSM yang pinjaman bergulirnya tidak macet
Peningkatan Inventarisasi Pelayanan Umum
Inventarisir kekayaan dan barang kelurahan dan prasarana umum
Peningkatan inventarisasi pelayanan wisata
Inventarisir pengelolaan objek wisata dan prasarananya
Peningkatan Ketata usahaan
Pemberian pelayanan umum
Pembenahan prosedur kerja dan pelayanan public yang mencerminkan good governance
Pembenahan pola kearsipan
Pengagendaan kegiatan mingguan dan bulanan
Pembuatan laporan akhir tahun
Peningkatan penyelenggaraan
Administrasi pegawai
Pembenahan data kepegawaian melaksanakan proses administrasi kepegawaian
Pembuatan laporan kepegawaian
Peningkatan kapasitas pegawai

KEADAAN MASYARAKAT KELURAHAN BASIRIH
 Dimasyarakat Kelurahan Basirih sejak dulu telah terbina rasa kekeluargaan, persatuan dan kegotong royongan dan dilanjutkan dengan kegiatan/organisasi kemasyarakatan seperti :
v Arisan PKK setiap bulan disertai acara Yasinan yang dilaksanakan oleh Ibu-ibu RT dan masyarakat
v Majelis Yasin, Salawat, Tahlilan disetiap RT
v Majelis Ta’lim setiap Mesjid dan Mushalla
v Rukun Kematian
v Kelompok Maulid Habsyi,

KEADAAN PEMBANGUNAN DI KELURAHAN BASIRIH
Swadaya Murni Masyarakat

1. Perbaikan / rehab / pembangunan
2. Jalan/gang/titian/siring sungai
3. Adanya dana bergulir yang dikelola oleh BKM

KEADAAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
 Keadaan ekonomi masyarakat Kelurahan Basirih secara umum stabil namun masih banyak warga Kami yang tergolong ekonomi menengah ke bawah diantaranya ada yang miskin yang masih memerlukan perhatian dari pemerintah. Untuk meringankan beban warga yang tergolong ekonomi menengah kebawah / tidak mampu/ miskin ada bantuan yang disalurkan pemerintah yaitu :
v Memberikan Kartu Askeskin dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk berobat dan rawat inap
v Menyalurkan Raskin setiap bulan
v Melalui Program P2KP ada bantuan sosial bagi warga fakir miskin, cacat,lansia, jompo dll

KEADAAN KETERTIBAN DAN KEAMANAN
Dengan adanya Pos Kamling/ Petugas Jaga hampir setiap RT di perkampungan lama maupun di Komplek Perumahan sebagai wujud swadaya masyarakat itu sendiri maupun dengan sistem upah dan adanya kerja sama dari Polsek Banjarmasin bARAT yang melalui pembinaan dari Babinkamtibmas yang ada disetiap Kelurahan maka ketertiban dan keamanan dapat terkendali.

1.Pendidikan
Sekolah : 3 TK
 5 SDN
3 SMP/ Sederajat
 2 SLTA/ Sederajat

2.Peribadatan
No
Nama
Alamat
Ket
1
Al’ Mukhlishun
RT. 03
Mesjid
2
Nurul Firdaus
RT. 30
Mesjid
3
Habib Achmad Al’Habsy
RT. 07
Mesjid
4
Al Muhajirin
RT. 17
Mesjid
5
Al Hijrah
RT. 27
Mesjid
6
Darul Mu’minin
RT. 04
Langgar
7
Baiturrahim
RT. 06
Langgar
8
Annur
RT. 07
Langgar
9
Baitul Mushollin
RT. 09
Langgar
10
Al’Ichsan
RT. 10
Langgar
11
Nurul Amanah
RT. 12
Langgar
12
Baitur Rahman
RT. 13
Langgar
13
Baitul Muslimin
RT. 14
Langgar
14
Hijiratul Akbar
RT. 16
Langgar
15
Mitfatul Jannah
RT. 19
Langgar
16
Darul Takwa
RT. 19
Langgar
17
Musahadah
RT. 20
Langgar
18
Nurul Iman
RT. 23
Langgar
19
Ar Raudah
RT. 25
Langgar
20
Nurul Fitri
RT. 32
Langgar
21
Al Hikmah
RT. 37
Langgar
22
Hidayatussalikin
RT. 40
Langgar
23
Baitul Rahman
RT. 41
Langgar
24
Al’Ahyar Maulana
RT. 41
Langgar
25
Darul Muta Abidin

Langgar
26
Al Ikhlas

Langgar
27
Baitur Aman

Langgar
28
Al – khair
RT. 25
Langgar
29
Al – Mukzizat

Langgar
30
Bbaitur Khair

Langgar

3. Kesehatan
v Puskesmas : 1 buah
v Posyandu : 9 buah

1 Comments

Previous Post Next Post