Penanggulangan TPS Liar Diwilayah Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat

Luas Teritorial kelurahan Basirih 26 % luas Kecamatan Banjarmasin Barat,dengan jumlah penduduk 24.000 lebih serta RT 50 buah.

Dengan daerah seluas itu tentunya menimbulkan permasalahan yang cukup besar dan ruwet utamanya persampahan.

Kelurahan berupa mengurai permasalahan tersebut dengan memanfaatkan Dana Kelurahan di tahun 2019 dengan membuat dan membagikan gerobak dan tempat sampahnya sesuai jumlah RT yaitu 50 buah/ unit.

Namun ada kendala yang sangat mendasar yaitu tidak ada / tidak tersedia tempat untuk membuang sampah warga masyarakat di Kelurahan Basirih.

Dengan kebingungan tersebut tentunya masyarakat mengambil jalan pintas yang semestinya tidak baik untuk ditiru atau diikuti yaitu dengan membuang sampah sembarangan.

Ada titik lokasi tanah kosong/ pehumaan yg sedikit jauh dari pemukiman penduduk dekat pergudangan. Dilokasi tersebut sebagian masyarakat mulai membuang sampah rumah tangganya yang akhirnya terbentuk TPS liar.

Seiring waktu dari hari ke hari bulan ke bulan dan tahun ke tahun tentunya tumpukannya semakin banyak dan melebar dan sampahnya hampir menutup sepertiga  jalan.


Kondisi tsb tentunya menimbulkan dampak yg sangat tidak baik dari segi kesehatan, kebersihan serta meresahkan masyarakat karena bau sampah yang menyengat ke pemukiman warga.

Berangkat dari permasalahan tsb diatas kami segenap lapisan masyarakat yang dikoordinir oleh tokoh masyarakat / ketua ketua RT 18,19,20,21,27 dan 24 serta DK Tiga Pilar Kelurahan melakukan Kegiatan Bersih Bersih TPS liar.

Alhamdulillah kegiatan berjalan cukup.lancar dan sukses dan sudah kami lakukan 3 minggu berturut turut.

Alhamdulillah kami juga di bantu pelaku usaha / Dermawan yang beraktifitas di kelurahan Basirih berupa :

  •  1 Buah Excavator dari PT. Tretes
  •  2 Truk Tanah Merah dari Depo Keramik
  •  2 Truk Tanah Merah dari Pa Samosir anggota Dewan Dapil.Bjm Barat

 Konsumsi dari PT MAD Distributor minuman

 Pengusaha Galam serta relawan relawan lainnya.


Demikian sedikit kegiatan kami warga Kelurahan Basirih yang dapat dilaporkan  dalam menyongsong, menyambut serta mengimplementasikan Visi Walikota

" BANJARMASIN BAIMAN DAN LEBIH BERMARTABAT "


















Post a Comment

Previous Post Next Post